DPW Gerbang Tani SulSel Gelar Diskusi Pentingnya Peran Partai Sebagai Jembatan Gerakan Pertanian -->

DPW Gerbang Tani SulSel Gelar Diskusi Pentingnya Peran Partai Sebagai Jembatan Gerakan Pertanian

Selasa, 07 Januari 2020, Januari 07, 2020



RADAR SULSEL.ID, MAKASSAR - DPW Gerbang Tani Sulawesi Selatan menggelar diskusi bersama di Warkop  Lantimojong, Makassar, Senin (6/01/2020).

Diskusi yang berlangsung dinamis tersebut dihadiri oleh berbagai elemen, tokoh pemuda dan pengurus serta simpatisan PKB yang memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap pertanian di Sulawesi Selatan.

Ketua Umum DKN PPPKI Usman Sadikin memaparkan  beberapa pandangan penting terkait bagaimana Partai, Khusunya PKB harus menjembatangi gerakan-gerakan petani di Pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan yang perlahan mulai terkonsolidasi. 

Peran partai penting untuk mendorong pemuda untuk bertani dan menjadikan pertanian sebagai bagian dari kebutuhan. 

“Hal yang menjadi poin penting yang perlu dikawal adalah bagaimana peningkatan mutu hasil pertanian, pendampingan dan pengorganisasian, pemberdayaan hasil pertanian melalui home industry serta mengidentifikasi masalah pertanian yang muncul di masyarakat” katanya.

“Perlu untuk repositioning kembali bagaimana memposisikan petani sebagai subjek (Pelaku), pemerintah sebagai fasilitator dan Partai menjadi jembatang bagaimana melihat permasalahan pertanian khususnya distribusi bantuan pertanian yang harus tepat sasaran dan tepat guna” lanjutnya.

Sekertaris LAKSPEKDAM NU Sulawesi Selatan Abdul Karim, yang turut serta dalam diskusi menambahkan bahwa problem utama pertanian kita adalah persoalan kebijakan. Kebijakan pemerintah yang lebih kepada pendekatan proyek yang menghasilkan kebijakan sektoral yang tidak sesuai dengan kebutuhan petani.

"Kedepan PKB perlu melakukan pengawalan serius terhadap petani secara strategis dan sosial, menanamkan kepada setiap jiwa bahwa bertani adalah bagian dari tradisi sehingga krisis pertanian hari ini dengan turunya kualitas SDM Pertanian dapat didorong melalui peran pemuda, khususnya Gerbang Tani bagaimana pemuda mencintai pertanian.
“Pengembangan pertanian, perlu intervensi kebijakan. Dan itu tugas Negara!’ Tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Ketua DPW PKB Muhammad Haekal menambahkan, PKB sebagai Green Party, sangat mengapresiasi setiap langkah berbagai elemen yang memberikan perhatian besar pada pertanian. PKB telah mencanankan beberapa pandangan khususnya terkait pembenahan data pertanian dan pendekatan produk berbasis data, pengawalan harga pangan dan kualitas mutu, dan mendorong lahirnya Perda Pertanian di Sulawesi Selatan.

Ketua Gerbang Tani Sulawesi Selatan Umar merasa bersyukur atas terselenggaranya diskusi tersebut dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masukan dari berbagai elemen yang hadir dalam diskusi tersebut.

“Semoga apa yang kita diskusikan dan kita cita citakan bisa terwujud, karena petani sejahtera dan berdaulat sudah pasti Negara kuat dan Maju” harapnya (SUKRI)

EDITOR : ENAL RASUL

TerPopuler