Mutual Agreement (Kepmawa Yogyakarta dan Ika Kepmawa Yogyakarta) -->

Mutual Agreement (Kepmawa Yogyakarta dan Ika Kepmawa Yogyakarta)

Senin, 13 Juli 2020, Juli 13, 2020
OPINI

Mutual Agreement (Kepmawa Yogyakarta dan Ika Kepmawa Yogyakarta)


Oleh : Muhammad Khalif HM, ST ( Alumni Kepmawa Yogyakarta )

Kepmawa Yogyakarta dan Ika Kepmawa Yogyakarta merupakan dua organisasi yang sama namun tak serupa (same but not similiar).

Dikatakan demikian dikarenakan out put dari Kepmawa akan bermuara ke Ika Kepmawa. Kepmawa merupakan "hulu" dan Ika Kepmawa adalah "hilir". Keberadaan Kepmawa di dunia pendidikan dan Ika Kepmawa di dunia kerja. Kondisi demikian memperjelas bahwa warga Kepmawa yang selesai menempuh studi maka secara otomatis akan menjadi warga Ika Kepmawa.

Hubungan yang bersifat sistematis akan menciptakan suatu kolaborasi dan harmonisasi yang berkelanjutan jika di dukung dengan kerjasama yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik dan lebih besar (sinergitas). Jika Kepmawa dan Ika Kepmawa dapat bersinergi secara optimal maka "big dream" akan dapat terwujud.

Dua dekade sejak lahirnya Kepmawa telah bermanifestasi menjadi "bibit unggul" yang terangkul dalam Ika Kepmawa. Kader kader ini diharapkan akan dapat berkontribusi secara positif baik untuk eksistensi dan esensi organisasi, sosial kemasyarakatan, sosial ekonomi, maupun sosial budaya.

Kerjasama seyogyanya secara proporsional guna memenuhi "hak dan kewajiban" antara Kepmawa dan Ika Kepmawa. Oleh sebab itu diperlukan suatu formula (bentuk tetap) dalam pemenuhan hak dan kewajiban dalam rangka membangun kolaborasi dan harmonisasi yang efektif guna mencapai  tujuan bersama.

Untuk membangun suatu kerjasama yang optimal maka.dibutuhkan konstruksi "jembatan penghubung" antara Kepmawa dan Ika Kepmawa yang terputus oleh status kewargaan. Maka dari itu sangat urgent adanya suatu kesepahaman bersama (mutual agreement) antar organisasi.

Mutual Agreement merupakan kesepahaman bersama antara Kepmawa dan Ika Kepmawa guna membangun sinergitas yang efektif (trust, communication, creativity) dalam.rangka mewujudkan "big dream" organisasi (visi misi)

Dengan lahirnya Mutual Agreement yang mempunyai kekuatan mengikat secara moral maka diharapkan program program kerja jangka pendek maupun jangka panjang yang.telah dicanangkan organisasi (Kepmawa dan Ika Kepmawa) dapat berkolaborasi dan berharmonisasi secara optimal. (**)

TerPopuler