Cegah Pemalsuan Data Dan Calo, Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Terapkan BLu-e -->

Cegah Pemalsuan Data Dan Calo, Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Terapkan BLu-e

Selasa, 27 Juli 2021, Juli 27, 2021


RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO -  Upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, khususnya pengujian kendaraan, Pemerintah Daerah, luncurkan BLU-e, di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Selasa(27/07/2021).

Sebelum peluncuran tersebut, Amran Mahmud terlebih dahulu menyaksikan pengujian kendaraan yang dilakukan oleh petugas penguji Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Setelah dinyatakan lulus uji, bapak bupati Wajo kembali menyerahkan sertifikat dan smart card lolos uji elektronik kepada pemilik mobil.

Peluncuran BLU-e oleh bupati Wajo, Amran Mahmud, disaksikan langsung oleh  Ketua DPRD bersama Ketua Komisi III DPRD Wajo, Kasat Lantas Polres Wajo, Kepala Jembatan Timbang BTPD XIX Sulselbar, Kepala Cabang BRI Sengkang, dan perwakilan Organda, sehingga Dinas Perhubungan resmi menerapkan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLU-e).

Diketahui bahwa BLU-e adalah pengganti bukti lulus uji kir yang dahulu berbentuk buku, Dimana BLU-e terdiri atas 2 sertifikat tanda lulus uji, 2 stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan, dan satu smart card dengan teknologi NFC.

Langkah maju yang dilakukan Dishub Wajo, kata Amran Mahmud, bertujuan memudahkan mengontrol kondisi kendaraan dan kesesuaian kapasitas muatannya, sehingga sistem elektronik ini akan menjadikan pelayanan kepada masyarakat lebih efisien dan efektif.

"Inovasi BLU-e ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Wajo, guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan yang ingin mengurus izin kir dapat lebih mudah dan mendapatkan hasil yang optimal," kata Amran Mahmud.

Dirinya berharap dengan penerapan BLU-e, kualitas pelayanan terhadap pengujian kendaraan bermotor akan meningkat dan terhindar dari praktik para calo, agar mencegah terjadinya pemalsuan data kendaraan, serta dapat mengoptimalkan dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Dishub Wajo, A. Hasanuddin, berharap dengan berlakukanya bukti lulus uji elektronik ini, pelayanan kepada masyarakat terkait keamanan bertransportasi bisa lebih meningkat bagi pengguna kendaraan.

"Kami harap dengan berlakunya BLU-e, pelayanan kami bisa lebih maksimal dan masyarakat bisa lebih nyaman dan aman. Mudah-mudahan hal ini bisa menghindarkan masyarakat dari para calo," ujarnya.

Diketahui selain peluncuran BLU-e oleh Bupati Wajo, Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan 1 unit motor pengangkut sampah yang di hibahkan oleh Kepala Cabang BRI Sengkang kepada pemerintah Kabupaten Wajo, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo.(*)

Editor : ENAL RASUL.

TerPopuler