Menepis Isu Tak Sedap, PWI Wajo Gelar Jumpa Pers Kepada Sejumlah Awak Media -->

Menepis Isu Tak Sedap, PWI Wajo Gelar Jumpa Pers Kepada Sejumlah Awak Media

Jumat, 22 Oktober 2021, Oktober 22, 2021


RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO -  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Wajo menggelar acara jumpa pers, Jumat 22 Oktober 2021, di Ruang Rapat Kantor PWI Wajo.

Jumpa pers ini dilaksanakan dalam rangka menjawab isu - isu yang berkembang, terkait pelaksanaan pelantikan pengurus PWI Wajo periode 2020-2023 yang dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya.

"Hari ini, kami dari pengurus PWI Wajo akan menyampaikan beberapa hal, terkait pemberitaan di sejumlah media, yang memuat tentang pelantikan pengurus PWI Wajo periode 2020-2023," ujar ketua PWI Wajo, H. Rukman.

Menurut Rukman, melalui kesempatan ini, pengurus PWI Wajo akan mengklarifikasi dan menyampaikan informasi tentang pemberitaan tersebut.

Dalam pemberitaan di salah satu media online, kata Rukman, disebutkan bahwa PWI Wajo, pada saat pelantikan Pengurus, menyelipkan kegiatan workshop jurnalistik yang pesertanya melibatkan kepala sekolah, dan dianggap kegiatan tersebut, tidak sinkron.

Perlu dijelaskan bahwa, PWI Wajo tidak pernah melaksanakan Workshop jurnalistik dengan peserta kepala sekolah.

"Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah seminar jurnalistik dan literasi, yang pesertanya dihadiri oleh kepala sekolah," jelasnya. 

Katanya, seminar ini dilaksanakan di ruang pola kantor bupati Wajo dengan menghadirkan pemateri dari PWI Pusat yaitu Bapak Atal S. Depari, Ketua PWI Pusat bidang organisasi Bapak Zulkifli Gani Otto, Wakil ketua bidang organisasi Sulsel H Manaf Rahman dan sekretaris PWI Sulsel Faisal Palapa dan H. Faisal Syam Anggota Dewan Kehormatan PWI Sulsel .

Kemudian dalam pemberitaan tersebut, dikatakan, tidak Sinkron.
Pernyataan Nara sumber dalam berita tersebut, bahwa itu tidak sinkron, tentunya keliru.

Lanjut Rukman, PWI sebagai salah satu organisasi wartawan yang diakui keberadaannya oleh dewan pers, tentunya punya peranan dan kewajiban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang jurnalistik, termasuk kepala sekolah.

Sehingga, dalam momentum pelantikan pengurus PWI Wajo periode 2020-2023, kami dari pengurus PWI Wajo memanfaatkan kedatangan pengurus PWI pusat dan pengurus PWI provinsi untuk berbagi ilmu, dan memberikan edukasi tentang jurnalistik dalam kegiatan seminar jurnalistik dan literasi.

Selain hal tersebut, dalam berita juga dikatakan, banyak orang, bukan wartawan, tapi menjadi anggota PWI

"Jadi perlu kami tegaskan, tidak ada satu orangpun dalam kepengurusan PWI Wajo yang bukan wartawan, semuanya wartawan," ujarnya.

Seiring dengan terbitnya berita tersebut, tim hukum PWI Wajo, Saudara Andi Mappatoto, berencana melaporkan penanggungjawab media yang memuat berita tersebut ke Aparat hukum.

"Namun, dengan berbagai pertimbangan, saya selaku ketua PWI Wajo, mengharapkan kepada pengurus dan semua anggota PWI Wajo untuk menahan diri dan menyikapi persoalan ini secara bijak, dewasa dan profesional," katanya.

Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin meniupnya.

"Kami menyadari bahwa terobosan dan inovasi yang kami lakukan selama ini, sebagai bentuk pengabdian kepada negara," sebutnya.

"Pasti ada orang yang yang tak sepaham dan tidak memahami dengan apa yang dilakukan oleh PWI Wajo, ini adalah sebuah dinamika dalam kehidupan," pungkasnya. (SUKRI)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler