Mengalami Pendangkalan, Ex Ornament Lautang Dapat Perhatian Khusus Dari Politisi PKS Arga Prasetya Ashar -->

Mengalami Pendangkalan, Ex Ornament Lautang Dapat Perhatian Khusus Dari Politisi PKS Arga Prasetya Ashar

Jumat, 15 April 2022, April 15, 2022


RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Ex ornament merupakan rawa dan sungai yang termasuk kekayaan daerah. Namun produksi Sumber Daya Alam (SDA) tersebut mulai menurun.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Wajo, Ir. Nasfari, Minggu, 10 April kemarin.

Menurutnya, potensi ex ornament yang dimiliki Pemkab Wajo saat ini berjumlah sebanyak 51 lokasi. SDA itu tersebar di 7 dari 14 kecamatan di Wajo.

“Sekarang produksi dari ex ornament mengalami penurunan, khususnya komoditi ikan air tawar,” ujarnya.

Kondisi itu terjadi akibat pendangkalan seperti pada 4 lokasi ex ornament di Kecamatan Belawa, sehingga sangat diperlukannya pengerukan sedimen dan pembersihan endapan lumpur didasar rawa.

“Sekarang di lokasi sedang mengalami kedangkalan, jadi tempat ikan bermain semakin kurang dan Berdampak kepada hasil tangkapan,” nilainya.

Beruntung, lanjut Nasfari, Kondisi pendangkalan itu mendapat perhatian dari anggota DPRD kabupaten Wajo, Arga Prasetya Ashar.

Sementara Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengalokasikan anggaran dari program aspirasinya tahun ini, untuk kegiatan normalisasi melalui Dinas perikanan Wajo.

“Insya Allah, saya akan perjuangkan Penggalian rawa ex ornament di APBD Wajo 2022 dengan pagu Rp180.000.000,” terangnya.

Menyikapi hal itu, Anggota DPRD Wajo, Arga Prasetya Ashar menuturkan, selain dari dinas perikanan, dirinya juga menerima keluhan warga, terkait mendangkalnya rawa ex ornament di Desa Lautang, kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo. (SUKRI/AKBAR)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler