Buka Pelatihan Dasar Calon PNS di Makassar, Bupati Wajo Ingatkan Fungsi dan Tanggung Jawab ini -->

Buka Pelatihan Dasar Calon PNS di Makassar, Bupati Wajo Ingatkan Fungsi dan Tanggung Jawab ini

Kamis, 06 Oktober 2022, Oktober 06, 2022





RADAR SULSEL.CO.ID, MAKASSAR - Penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk menunjang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat  berkembang. 

Hal itu diungkapkan Bupati Wajo, Amran Mahmud saat membuka pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum 2021 Kabupaten Wajo, di Kampus II BPSDM Prov Sulawesi Selatan, Makassar, Senin (19/9/2022).  Tercatat ada 30 orang Calon PNS akan mengikuti kegiatan ini selama 18 hari kerja (6 hari kerja) mulai 19 September 2022 sampai 10 Oktober 2022. 

Amran Mahmud mengungkapkan bahwa meskipun dirinya sudah cuti terhitung Senin 19 September 2022 untuk berangkat umrah, namun dirinya merasa punya tanggung jawab moral untuk bertemu dan menyampaikan beberapa hal kepada para peserta latsar. 

"Jadi tadi di Kabupaten Pangkep saya pamit kepada rombongan (calon jamaah umrah)  untuk menghadiri kegiatan ini dan bersilaturrahim dengan kita semua," ucapnya.

Amran Mahmud melanjutkan bahwa di era otonomi daerah, Pemkab Wajo telah melakukan berbagai terobosan dan strategi untuk mempercepat proses peningkatan kinerja aparaturnya.  Upaya itu dimulai ketika seorang pelamar yang dinyatakan diterima sebagai calon pegawai negeri sipil melalui rekruitmen yang fair, transparan kemudian mengikuti pelatihan dasar.

"Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka pembentukan karakter PNS yang profesional sesuai bidang tugas sehingga mampu bersikap dan bertindak profesional dalam mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultural," ujarnya. 

Pasalnya, kata Amran, setelah menjadi PNS, proses formal yang harus dilalui adalah berbagai macam pengembangan kompetensi baik yang bersifat struktural maupun teknis dan fungsional. Kesemua itu intinya adalah pembentukan PNS yang memiliki kinerja yang tinggi sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.

 "Untuk itu saudara yang dinyatakan diterima sebagai CPNS diharapkan agar nantinya langsung bisa beradaptasi dengan cepat di tempat kerja baru dan menunjukkan kinerja yang bagus," tutur Amran. 

Kepada para peserta,  Bupati juga meminta siap dalam mengikuti pelatihan dasar CPNS yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS.

"Khusus kepada para peserta saya harap kehadiran saudara di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemkan Wajo secara umum. Secara khusus, kehadiran saudara di satuan kerja di mana saudara ditempatkan itu diharapkan akan mampu membantu meringankan beban dan tugas yang menjadi kewajiban SKPD dalam melaksanakan program program pemerintah," tekannya. 

Tidak lupa, Amran Mahmud menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov Sulsel bersama jajaran, Kepala BKPSDM Kabupaten Wajo bersama jajaran serta seluruh panitia dan pihak yang mendukung kesuksesan pelaksanaan kegiatan tersebut. "Kami mengakui bahwa selama ini, alumni latsar di BPSDM Sulsel ini, semua berkualitas," pujinya.

Sementara Kepala BPSDM Prov Sulsel, Asri Sahrun Said menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kedatangan Bupati Wajo yang menurutnya akan memberikan inspirasi bagi semua, khususnya bagi peserta. 

"Kita tahu bahwa jadwal beliau sangat padat, bahkan besok sudah berangkat untuk melaksanakan ibadah umrah, namun karena kasih sayangnya kepada kita semua, beliau tetap menyempatkan hadir pada malam hari ini.  Mari kita doakan agar beliau bersama rombongan bisa diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah sampai kembali ke tanah air," ucapnya yang diaminkan oleh peserta dan undangan yang hadir.

Asri Sahrun Said juga berpesan kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan kesungguhan dan sikap yang baik serta memahami semua materi, karena nantinya akan dilakukan evaluasi melalui sistem CAT. "Kita juga berharap nantinya semua bisa mendukung pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Wajo," harapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sektretaris BPSDM Prov Sulsel, Zuhaera Zubir bersama jajaran, para widyaiswara, Kepala BKPSDM Kabupaten Wajo, Herman bersama jajaran, serta para peserta latsar.(Adv)

TerPopuler