Dampak Cuaca El-nino Pasar Sentral Bantaeng Sepi Pengunjung, Dirga : Pemda Harus Beri Solusi -->

Dampak Cuaca El-nino Pasar Sentral Bantaeng Sepi Pengunjung, Dirga : Pemda Harus Beri Solusi

Kamis, 12 Oktober 2023, Oktober 12, 2023



RADAR SULSEL.CO, ID, BANTAENG -- Menurunnya nilai transaksi atau omset penjualan pedagang pasar tradisional di kompleks pasar baru bantaeng, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) angkat bicara. 

Dimana dua tahun belakangan ini omset atau transaksi penjualan para pembeli ke pedagang di kompleks pasar baru bantaeng mengalami penurunan drastis. 

DPD Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Bantaeng Samsidar Dirga, ditemui disela kesibukannya mengatakan bahwa Kondisi yang menimpa pedagang ini, merata di seluruh pasar tradisional yang ada di bantaeng, hal tersebut disebabkan karena dua faktor, yakni pertama terjadinya penurunan daya beli masyarakat petani di pedesaan akibat penghasilannya juga semakin menurun.

Faktor kedua lanjut Dirga adalah gempuran teknologi, semakin beragam bermunculan melalui aplikasi belanja online yang memanjakan konsumen dapat membeli segala kebutuhan tanpa harus meninggalkan rumah.

Tidak itu saja kata Dirga, Budaya masyarakat yang sebelumnya suka kepasar belanja untuk kebutuhan sehari hari, namun kini para pembeli berali kepada belanja online, di sebabkan kondisi cuaca el nino, sehingga pasar yang tadi ramai pengunjung menjadi sepi. 

"Dampak Cuaca El Nino saat ini, tidak sedikit pedagang tradisional di bantaeng sepi pengunjung khususnya penjual pakaian mengeluh dimana dalam satu minggu bisa dipastikan tidak mendapat pembeli,".Kata Dirga. 

“Kadang satu minggu tidak mendapatkan satupun pembeli, hanya datang buka dan tutup jualannya, karena pagi sampai sore tidak ada pembelinya,”. Tambah Dirga, Rabu (11/10/2023).

Lebih lanjut, Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi terang Dirga, maka dapat dipastikan akan ada pedagang pasar gulung tikar. 

“Memang harus ada peberubahan dan berinovasi, jika tidak bisa dipastikan akan gulung tikar,”. Terangnya. 

Iapun berharap, kondisi ini bisa dipikirkan solusinya oleh pihak pemerintah melalui instansi terkait, melalui Aplikasi Jual online resmi milik pemda Bantaeng dan memberikan pengembangan wawasan kepada para pedagang pasar, karena biar bagaimanapun pedagang pasar juga termasuk pelaku usaha UMKM ,sangat besar jasanya terhadap perkembangan ekonomi daerah. Tutupnya (SUKRI). 

Editor : ENAL RASUL.

TerPopuler