Anggota DPD RI Ajiep Padindang Sayangkan Wajo Tidak Punya Museum -->

Anggota DPD RI Ajiep Padindang Sayangkan Wajo Tidak Punya Museum

Selasa, 16 Juli 2019, Juli 16, 2019





RADAR SULSEL.ID, WAJO - Banyaknya peninggalan budaya dan sejarah di Kabupaten Wajo, belum diimbangi dengan wadah atau media pelestarian berupa museum. Maka dari itu, Anggota DPD RI Ajiep Padindang mendesak Pemkab Wajo supaya segera membangun Museum Budaya dan Sejarah. 

"Ini  sebagai upaya melestarikan budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Wajo," kata Ajiep Padindang di Sengkang baru-baru ini.

Ajiep, mengatakan, saat ini banyak peinggalan bersejarah yang belum terlindungi dengan baik.

“Berulang kali di Kabupaten Wajo menemukan benda purbakala peninggalan sejarah. Maka dari itu perlu adanya wadah berupa museum untuk melindungi peninggalan sejarah tersebut,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, berbagai peninggalan bersejarah itu meliputi arca, batu kuno, dan sebagainya. Seperti yang ada di Tosora Kecamatan Majauleng dan Allangkanangnge serta Geddongnge di Kecamatan  Pammana.

“Semuanya itu harus dijaga pelestariannya. Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dengan membuat museum budaya serta sejarah ini,” teranngnya.

Lebih lanjut, Ajiep mengatakan. baik itu peninggalan bersejarah dan budaya, keberadaanya harus dilestarikan. Jangan sampai hilang atau diakui oleh daerah lainnya.
Dengan adanya museum budaya dan sejarah ini kata dia, diharapkan masyarakat Kabupaten Wajo dapat melestarikan budaya serta sejarah yang ada. Selain itu, keberadaan museum itu juga bisa dijadikan obyek wisata. (SUKRI)

Editor: ENAL RASUL

TerPopuler