Warga Desa Sappa Keluhkan Dugaan Pungli Sertifikat Prona -->

Warga Desa Sappa Keluhkan Dugaan Pungli Sertifikat Prona

Kamis, 21 Januari 2021, Januari 21, 2021




RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Pembayaran Pembuatan Sertifikat Melalui Program Nasional Agraria (Prona) senilai 1 juta rupiah dikeluhkan warga yang berada di Desa Sappa, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Kamis (21/01/2021).

Salah satu warga berinisial KG saat ditemui media Radarsulsel.co.id mengatakan bahwa pembayaran sertifikat ini sangat mahal dan tidak seperti di Desa lain, padahal pada rapat sebelumnya hanya dikenakan biasa administrasi sebesar Rp 250 ribu rupiah per sertifikat.

Namun setelah ada sertifikat, lanjutnya biaya administrasi tersebut naik menjadi 1 juta rupiah persertifikat, tentu warga tak sanggup memenuhi nilai pengambilan sertifikat.

"Saya terpaksa tidak mengambil sertifikatnya, karena saya harus membayar sebesar 1 juta rupiah baru bisa mengambil serfikatnya," kata KG.

Salah satu warga berinisial AA juga membenarkan bahwa pembayaran sertifikat tersebut memang benar sebesar 1 juta rupiah.

"Iya, memang benar untuk mengambil sertifikat yang sudah selesai harus membayar 1 juta rupiah, sebab ada yang diambil keluarga saya mereka membayar juga dengan nilai yang sama," jelas AA.

Hingga berita ini dilayangkan Kepala Desa Sappa yang dihubungi melalui via telp dan via WhatsApp berulang kali, enggang memberikan konfirmasi terkait hal tersebut. (SUKRI)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler