Upaya Mengoptimalkan Alat Kir transportasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Hadirkan Tim Kalibrasi -->

Upaya Mengoptimalkan Alat Kir transportasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Hadirkan Tim Kalibrasi

Jumat, 09 Juli 2021, Juli 09, 2021



RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Adanya upaya meningkatkan pelayanan terkait uji kir, Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, hadirkan tim kalibrasi alat uji transportasi guna mengoptimalkan alat uji kir, Kamis(08/07/2021).

Dimana sebelumnya pelayanan pengujian kendaraan sempat ditutup karena ingin dilakukan pembenahan serta pengecekan alat uji kir, agar bisa lebih mendapatkan hasil yang maksimal.

Pelaksanaan Kalibrasi Alat Uji Kir transportasi, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo Andi Hasanuddin. S.Sos. M.si, memaparkan bahwa kehadiran Tim Kalibrasi alat Uji Transportasi di Kabupaten Wajo ini adalah untuk melakukan Kalibrasi Alat Uji Kir transportasi sehingga bisa menjamin kelayakan kendaraan penumpang atau barang ( Angkot, bus, truk ) yang ada dijalan.

"Sudah seharusnya betul betul diawasi oleh Pemerintah yakni pengawasan yang dilakukan tersebut berupa uji kir ( Uji berkala )yang dilakukan pemerintah khususnya kementerian perhubungan," jelas Andi Hasanuddin. 

Tidak itu saja, hal tersebut sangat jelas diatur dalam undang – undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan ( PPLJR ) serta diperdalam Pembahasannya pada Peaturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor PM 133 tahun 2015 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor ( Permenhub PBKB ).

Pada pasal 53 ayat 1 UU LLAJ, lebih lanjut di jelaskan bahwa Uji berkala sebagaimana dimaksud, Wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum, bus, barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan, lalu pada pasal 2, pengujan berkala tersebut meliputi kegiatan, pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil Uji, tandasnya. (RMS)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler