Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Wajo, DEN: Tugas DEN Merumuskan KEN dan Tetapkan RUEN -->

Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Wajo, DEN: Tugas DEN Merumuskan KEN dan Tetapkan RUEN

Jumat, 19 November 2021, November 19, 2021



RADAR SULSEL.CO.ID, JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dalam rangka pengembangan sumber daya energi terbarukan dan pengelolaan migas.

Anggota DEN, Musri, dalam kesempatan tersebut menyambut baik kehadiran DPRD Kabupaten Wajo dan menjelaskan bahwa DEN merupakan lembaga nasional, tetap, dan mandiri.

“DEN mempunyai tugas merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional (KEN), menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi (KRISDAREN), dan mengawasi pelaksanaan kebijakan lintas sektor di bidang energi,” ungkap Musri, (5/11/2021).

Sementara, Anggota DEN lainnya yakni Eri Purnomo Hadi mengatakan bahwa Rencana Umum Energi Daerah (RUED) merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi Provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan RUEN secara lintas sektoral.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Wajo, Firmansyah, menuturkan bahwa kunjungan bertujuan untuk bersilaturahmi dan mengetahui strategi pengembangan energi daerah ke depan, khususnya gas bumi dan tenaga surya.

“Kabupaten Wajo memiliki potensi sumber daya alam berupa gas bumi di Blok Sengkang yang telah dimanfaatkan untuk jaringan gas kota dan potensi tenaga surya juga cukup besar,” kata Firmansyah.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DEN, Djoko Siswanto, mengugkapkan bahwa lahan LNG di Sengkang dilaporkan telah siap dan pembangunan sudah mencapai 75% dengan kapasitas sebesar 70 MMSCFD dan saat ini sedang menunggu peminat alokasi LNG tersebut.

Djoko pun berharap Pemda dan DPRD dapat mendukung kegiatan tersebut.

Hadir juga dalam pertemuan ini, Anggota DEN Yusra Khan, As Natio Lasman, Sekretaris Ditjen Migas Alimuddin Baso, dan Sekretaris Ditjen EBTKE Sahid Junaidi.(Adv Humas DPRD Wajo)

TerPopuler