Kasi Keuangan dan Aset Dinas PMD Ngaku Keputusan Penunjukan Lembaga Bimtek Kades Berdasarkan Disposisi Bupati -->

Kasi Keuangan dan Aset Dinas PMD Ngaku Keputusan Penunjukan Lembaga Bimtek Kades Berdasarkan Disposisi Bupati

Rabu, 26 Juni 2019, Juni 26, 2019




RADAR SULSEL.ID, WAJO - Persoalan masalah Bimtek Kepala Desa di Kabupaten Wajo masih menjadi sorotan di kalangan masyarakat, pasalnya, tingginya nilai anggaran yang diperuntukkan untuk kegiatan Bimtek dianggap tidak rasional dan terkesan pemborosan anggaran Desa. Bahkan ada dugaan bahwa ada oknum tertentu yang memanfaatkan kegiatan Bimtek ini dengan mengharapkan Fee dari lembaga yang telah ditunjuk untuk mengadakannya.

Kepala Seksi Keuangan dan Aset di Dinas PMD Kabupaten Wajo, Sarifah Chaerul kepada Wartawan mengaku jika Lembaga Penentu Penyelenggara Bimbingan Teknis Kepala Desa dan Sekdes di Kabupaten Wajo adalah Kepala Dinas PMD dan Bupati Wajo. Pihaknya selaku bidang Pemerintahan Desa hanya menerima perintah dari Kepala Dinas melalui disposisi Bupati.

Dikatakannya bahwa, setiap lembaga penyelenggara Bimtek Kepala Desa Di Kabupaten Wajo mengajukan proposal utuh pada Bupati, Bupati melakukan disposisi ke PMD. Oleh PMD menfasilitas dengan melanjutkan ke Desa.

Setelah ditentukan lembaga mana saja yang akan melaksanakan kegiatan Bimtek Kepala Desa. 

Pihak Pemerintahan Desa di Dinas PMD hanya sifatnya menfasilitasi dan melanjutkan perintah dan kita seterusnya membagikan undangan ke Desa-desa untuk mengikuti Bimbingan teknis tersebut.
Terkait apakah ada intervensi dari Dinas PMD agar menyetujui lembaga tertentu yang telah direkomendasi Sarifah Chaerul mengaku tidak tahu. 

“Silahkan konfirmasi Kepala Dinas karena kami hanya menjalankan saja sesuai perintah,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Kepala Desa yang tidak mau disebut namanya mengaku tidak pernah menerima proposal dari sebuah lembaga untuk pengajuan Bimtek, Kepala desa hanya menerima undangan untuk kegiatan Bimtek ini dari sebuah lembaga.

Seperti di beritakan sebelumnya bahwa, pelaksanaan Bimtek Kepala Desa se Kabupaten Wajo sudah di laksanakan sebanyak 3 termen selama 2019. Dari keterangan sejumlah Kepala Desa mengaku bahwa dana untuk Bimtek ini sendiri mencapai Rp.4.500.000, per desanya dalam satu Kegiatan Bimtek.
(SUKRI)

TerPopuler