Mantan Kades Lamarua Sorot Kegiatan Bimtek Gunakan Dana Desa Dinilai Pemborosan dan tak Bermanfaat -->

Mantan Kades Lamarua Sorot Kegiatan Bimtek Gunakan Dana Desa Dinilai Pemborosan dan tak Bermanfaat

Kamis, 20 Juni 2019, Juni 20, 2019





RADAR SULSEL.ID, WAJO - Mantan Kades Lamarua dari Kecamatan Takkalalla Andi Ahmad Sumitro Palaguna , menyoroti kegiatan Bimtek pelatihan peningkatan kapasitas menggunakan dana desa.


Kegiatan tersebut diselenggarakan LPKNI (Lembaga Pengembangan Kesatuan Nasional Independent) di Hotel Whiz prime jl. Jend. Sudirman Makassar pada 21 sampai 23 Juni 2019 dan setiap desa diminta membayar Rp 4,5 juta per orang.


Andi Sumitro mengatakan, pelatihan peningkatan kapasisitas dana desa hanyalah kegiatan seremonial. Karena, sebelumnya, setiap tahun dana desa juga dialokasikan untuk bimbingan dan teknis (Bimtek).


"Sebelumnya juga telah di laksanakan dari tahun 2017/2018, bahkan untuk tahun 2019 telah dilaksanakan 2 kali, dan seharusnya jika mau mengadakan bintek untuk mengurangi biaya ngapain jauh-jauh dilaksanakan, cukup di Wajo saja dengan satu kali pelaksanakan,"  kata Andi Sumitro di Sengkang, Kamis (20/6/2019).


Bintek tersebut telah dialokasikan dari dana desa  mencapai Rp 1,278 miliar, dianggap pemborosan dan tidak bermanfaat karena dilaksanakan berkali-kali dengan materi yang sama.


Menurutnya tindakan ini telah menyalahi Permendes Nomor 16 tahun 2018, tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2019, peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.(SUKRI)

TerPopuler