Berkat Tripika Tanete Riattang, Anak Angkat Pemulung Tobe Dirawat Dinas PPP Bone -->

Berkat Tripika Tanete Riattang, Anak Angkat Pemulung Tobe Dirawat Dinas PPP Bone

Kamis, 12 September 2019, September 12, 2019



RADAR SULSEL.ID, BONE - Anak angkat sipemulung Tobe (74), Aprilia (10) yang awalnya diperkirakan berusia delapan (8) tahun ternyata saat ini sudah berusia sepuluh (10) tahun dan kini dirawat di "Rumah Aman" Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bone.

Aprilia yang sudah beranjak dewasa ini, sejak kecil ikut bersama Tobe yang kesehariannya sebagai pemulung dan tinggal di sebuah gubuk reot di pinggir tembok Stadion Persibo Bone Jl Kalimantan Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.


Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bone bersama Tripika Tanete Riattang dan Lurah Biru, mengambil Aprilia (10) untuk dirawat dan dijaga sementara di "Rumah Aman" PPPA. Apalagi kondisi Aprilia saat ini sedang sakit.

Pemerintah Kecamatan Tanete Riattang, melalui Lurah Manurunge, Dr Andi Kasmiati, kembali mendatangi rumah Tobe di Jl Kalimantan di dinding Stadion Persibo Bone, Kamis (12/09/2019) bersama Dinas PPPA Kabupaten Bone dan perwakilan Polsek Tanete Riattang, Ipda Melyana.

Saat mendatangi rumah pemulung Tobe, mereka mendapati Aprilia sedang sakit sehingga Dinas PPPA Kabupaten Bone berinisiatif membawa Aprilia untuk mendapatkan kehidupan yang layak dengan sementara dititip di Rumah Aman.

Sebagaimana pula yang diungkapkan Camat Tanete Riattang, Andi Saharuddin, bahwa saat ini kondisi Aprilia sedang sakit.

Selain daripada itu, Aprilia merupakan anak yang putus sekolah dan tidak mendapatkan kehidupan yang layak karena sebagian besar hari-harinya hanya memulung bersama Tobe yang dikira kakeknya.

"Mengingat anak tersebut putus sekolah, tidak mendapat kehidupan yang layak, dan kini telah beranjak remaja/usianya sekitar 10 tahun, maka dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan, mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, oleh Dinas PPPA  anak tersebut akan dicarikan keluarga asuh yang layak," jelas Andi Saharudin. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kalau Aprilia hidup bersama Tobe sejak kecil dan pernah menetap di Panti Asuhan Seroja Bone, namun Aprilia keluar dari panti asuhan tersebut dan memilih tinggal di gubuk dan memulung bersama Tobe.

Editor: ENAL RASUL

TerPopuler