Pro-kontra Antara Politisi Dimedia, Taqwa Gaffar, Saya Bangga, Kedua Politisi Ini Cerdas Dan Dewasa Dalam Berpolitik -->

Pro-kontra Antara Politisi Dimedia, Taqwa Gaffar, Saya Bangga, Kedua Politisi Ini Cerdas Dan Dewasa Dalam Berpolitik

Rabu, 24 Juni 2020, Juni 24, 2020


RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Beredarnya  pemberitaan terkait pro-kontra antara politisi yang ada di interenal komisi lll DPRD Kabupaten Wajo, Ketua Komisi lll Taqwa Gaffar kedua duanya tidak ada yang salah.

Ketua Komisi lll Taqwa Gaffar, menuturkan dalam PP no 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi,  Kabupaten dan Kota pasal 89 poin 14 dijelaskan bahwa Rapat Dengar Pendapat merupakan rapat antara Komisi, Gabungan komisi, Bapemperda, Badan Anggaran, Panitia Khusus dan Pemerintah Daerah. 

"Jadi apa yang dimaksud politisi Gerindra Haji Mustafa anggota Komisi lll ini, itu benar jika merujuk kepada PP tersebut maka Rapat Dengar Pendapat antara Komisi dengan pemerintah daerah (Bupati) dapat dilaksanakan, dikarena yang dimaksud Pemerintah daerah itu adalah Bupati dan Perangkat Daerah," ujar Taqwa Gaffar kepada Radar SulSel Rabu (24/06/2020).

Bukan itu saja, Ketua Komisi lll Taqwa Gaffar juga menjelaskan terkait berita sanggahan dari anggota Komisi lll yang lain Elfrianto, yang mengatakan Dewan tidak tepat memanggil Bupati untuk RDP, cukup OPD teknis saja itupun juga dibenarkan.

Pembenaran terhadap Elfrianto itu lanjut Taqwa Gaffar, jika merujuk ke UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana pada pasal 208 mengatakan, Kepala Daerah dan DPRD dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan dibantu oleh perangkat daerah, Perangkat Daerah Kabupaten yang dimaksud tertuang pada pasal 209 ayat 2 yaitu Sekertariat Daerah, Sekertariat DPRD, Inspektorat, Dinas Dinas, Badan Badan, dan Kecamatan. Jadi kalau pembahasan yang sifatnya teknis cukup kita rapat bersama OPD (perangkat daerah).

Lebih lanjut, politisi Nasdem ini melihat perbedaan pendapat ini mencerminkan kalau dinamika politik yang terjadi dikomisi lll sangat dinamis, dan dirinya bangga melihat kedua politisi ini yang memiliki kecerdasan dan kedewasaan dalam berpolitik.

"Didalam rapat internal Komisi lll saja kami sering berbeda pendapat dan itu hal yang wajar, tapi pada titik tertentu kami selalu bersatu jika muaranya untuk kepentingan dan kemaslahatan orang banyak terutama masyarakat Wajo, dimana kami selalu mengedepankan kebersamaan dan kekeluargaan, semoga ini dapat kami lakukan seterusnya," harapnya. (SUKRI)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler