Hujan Yang Mengakibatkan Banjir, Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen -->

Hujan Yang Mengakibatkan Banjir, Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

Rabu, 07 Juli 2021, Juli 07, 2021


RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Akibat banjir puluhan Hektare (Ha) sawah yang terletak di Desa Sappa, kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, terancam gagal panen.

Bencana banjir yang merendam persawahan di wilayah tersebut di akibat hujan keras selama 2 hari berturut turut, menimbulkan genangan air dan  tidak bisa keluar melalui irigasi.

Salah seorang petani, Bakri yang dikonfirmasi terkait hal ini, mengatakan bahwa tak bisanya genangan air keluar melalui irigasi tersebut, sehingga bisa mengakibatkan para petani gagal panen karena tenaman yang terendam air terlalu lama.

"Apalagi tanaman padi tersebut akarnya belum begitu kuat menancap kedalam tanah, sehingga dapat menyebabkan tanaman menjadi layu (Mati)," kata Bakri, kamis, (08/07/2021).

Lebih lanjut dia, bahwa kami berharap pemerintah bisa mencarikan solusi agar genangan air tersebut bisa keluar melalui irigasi sehingga tanaman tidak lama terendam air.

Sementara ketua komisi ll Sudirman Meru yang dikonfirmasi ditengah kesibukan terkait kejadian tersebut mengatakan bahwa dirinya berjanji akan terlebih dahulu meninjau lokasi banjir dan kemudian mencari solusinya, kemudian berkoordinasi dengan komisi lll terkait irigasinya.

"Sebagai bentuk perhatian kami selaku anggota DPRD, Insya kami akan segera turun tinjau langsung lokasi banjir serta mencarikan solusi sehingga beban petani kita bisa sedikit berkurang," jelasnya. (RMS)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler