Diduga Di Pakai Pribadi, Warga Kelurahan Cempalagi Desak Pihak Puskesmas Pattirosompe Standby Kan 24 Jam Mobil Ambulance -->

Diduga Di Pakai Pribadi, Warga Kelurahan Cempalagi Desak Pihak Puskesmas Pattirosompe Standby Kan 24 Jam Mobil Ambulance

Sabtu, 11 September 2021, September 11, 2021




RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Buruknya pelayanan serta tidak standby 24 jam mobil ambulance di puskesmas Pattirosompe di keluhkan beberapa warga di kelurahan Cempalagi, kabupaten Wajo.

Pasalnya mobil ambulance yang seharusnya parkir di puskesmas Pattirosompe guna memperlancar pelayanan terhadap pasien kritis, namun nyatanya mobil ambulance tersebut jarang berada di puskesmas.

Salah satu warga RY yang enggan di sebut namanya kepada media Radarsulsel.co.id mengatakan bahwa buruknya pelayanan terutama mobil ambulance di puskesmas Pattirosompe, dimana jika di butuhkan oleh pasien kritis malah tidak standby di puskesmas.

Menurut RY, mobil ambulance yang seharusnya siap 24 jam ini, malah di pake seolah olah mobil pribadi oleh pihak puskesmas sehingga beberapa kali kejadian terutama ibu hamil yang ingin melahirkan kewalahan mencari kendaraan lain untuk di pakai ke rumah sakit untuk di menjalani persalinan.

"Saya sendiri pernah mengalami sewaktu istri saya mau melahirkan karena ambulance tidak standby di puskesmas Pattirosompe terpaksa saya harus pinjam mobil milik tetangga untuk membawa istri saya kerumah sakit," kata RY Minggu(12/09/2021).

"Coba bayangkan pak istri sudah kritis mau melahirkan sementara ambulance yang seharusnya standby di puskesmas mala dipake oleh dokter, ironisnya lagi kadang ada ambulance tapi tak ada supirnya, inikan bisa mengancam nyawa pasien, terutama ibu hamil yang hampir tiap bulan mau melakukan persalinan" tambah RY.

Olehnya itu dirinya berharap kepada pihak puskesmas Pattirosompe agar mobil ambulance di standby kan 24 jam di puskesmas, sehingga jika ada pasien kritis bisa cepat di bawa kerumah sakit dengan menggunakan ambulance tersebut.

Di lain sisi, keltua Lembaga Kontrol Kebijakan Pemerintah L-KKP, Muliyadi menambahkan seharusnya pihak puskesmas Pattirosompe lebih mengutamakan pelayanan khususnya mobil ambulance yang di keluhkan warga, sebelum terjadi hal hal yang tidak di inginkan bersama.

"Memang harus standby 24 jam mobil ambulance di puskesmas beserta supirnya, dan apabila ada pasien darurat baik itu pasien kecelakaan, ibu mau melahirkan dan lainnya bisa cepat di bawa ke rumah sakit tanpa harus sibuk mencari kendaraan lain sehingga bisa mengurangi resiko buruk pada pasien," ujar Muliyadi.

Ia pun berjanji akan melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait agar penggunaan mobil ambulance sesuai tupoksinya, serta bisa siap 24 jam di puskesmas Pattirosompe,namun jika sewaktu-waktu di butuhkan bisa langsung di gunakan oleh pasien, tutupnya. (SUKRI)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler