Tak Pasang Rambu Rambu, Proyek Yang Dikerjakan PT. Sulawesi Permai Sakti, Berpotensi Akibatkan Kecelakaan -->

Tak Pasang Rambu Rambu, Proyek Yang Dikerjakan PT. Sulawesi Permai Sakti, Berpotensi Akibatkan Kecelakaan

Sabtu, 04 September 2021, September 04, 2021



RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Proyek Preservasi Jalan Ruas Impa - Impa - Anabenua yang berada di kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, di sorot Ketua Lembaga Kontrol Kebijakan Pemerintah L-KKP. Minggu (05/09/2021).

Pasalnya, menurut Ketua Lembaga Kontrol Kebijakan Pemerintah L-KKP, Mulyadi, proyek yang dikerjakan oleh PT. Sulawesi Permai Sakti, no Kontrak 602.1/828/DPUTR/BM/Vlll/2021, no
SPMK 602.1/829/DPUTR/BM/Vlll/2021. yang di anggarkan melalui APBD Tk l Provinsi Sulawesi Selatan, dengan nilai 14.458.156.900 di anggap tidak profesional.

Selain di nilai tidak profesional lanjut Muliyadi, pelaksana kegiatan tersebut juga lalai dengan tidak memasang rambu rambu sesuai PP No. 50 Tahun 2012, dimana perusahaan wajib memasang rambu-rambu K3 sesuai dengan standar dan pedoman teknis.

Padahal dalam pelaksanaan suatu kegiatan berupa proyek seperti preservasi jalan Impa Impa, rambu K3 menjadi bagian penting dari penerapan SMK3 di perusahaan, serta jelas juga diatur Pada UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Pasal 14 huruf (b) juga disebutkan bahwa pengurus diwajibkan memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli Keselamatan Kerja.

"Sangat di sesalkan, kontraktor sebesar ini seharusnya sudah paham tentang pentingnya memasang rambu rambu, sebab hal ini bisa berdampak terjadinya kecelakaan pada pengguna jalan," jelas Mul (sapaan akrabnya).

Dirinya berharap agar pemerintah segera memberikan teguran kepada pihak kontraktor PT Sulawesi Permai Sakti sebelum terjadi korban bagi pengguna jalan.

Ruslan salah satu warga juga menambahkan bahwa pada pukul 00.30 dini hari, beberapa kendaraan dengan kecepatan tinggi hampir menabrak material batu yang berada di pinggir jalan.

"Memang benar pak, sangat bahaya jika tidak ada rambu - rambu di pasang di sini, kadang kadang pengguna jalan nanti dekat baru melihat bahwa ada tumpukan batu, kami hanya berharap agar pihak pelaksana memerhatikan keselamatan para pengguna jalan," tambahnya. (SUKRI)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler