Ratusan Kungmania Ikut Ajang Lomba Seni Suara Burung Perkutut Di Lapangan Ongkoe Belawa -->

Ratusan Kungmania Ikut Ajang Lomba Seni Suara Burung Perkutut Di Lapangan Ongkoe Belawa

Minggu, 27 Februari 2022, Februari 27, 2022


RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO ' Sebanyak Ratusan Kungmania mengikuti Lomba Seni Suara Burung Perkutut Putaran ke-I Piala Bupati Wajo, di Lapangan Ongkoe Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, Minggu (27/02/2022).

Lomba tersebut dibuka oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud ditandai dengan Pelepasan Burung Perkutut Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Wajo Arga Prasetya Ashar dan Andi Malleleang dan undangan lainnya.

Andi Kuneng, Ketua Panitia pelaksana mengatakan, ada 4 kategori yang dilombakan, di antaranya kategori junior, senior, kategori setengah kerekan (ditarik ke atas dengan ketinggian separuh), maupun kelas hanging. 

"Bukan hanya peserta yang sudah pernah menang beberapa kali, melainkan juga diikuti oleh para pemula. Peserta berasal dari semua daerah di Sulawesi Selatan," katanya.

Bagi para pemenang, pihak panitia telah menyediakan doorprize serta menerima trophy, piala dan hadiah.

Sementara itu, Anggota DPRD Wajo, Arga Prasetya Ashar mengatakan, burung perkutut mempunyai lambang tersendiri bagi si pemiliknya, terlebih prestise (kehormatan,red) burung perkutut terjadi sejak jaman kerajaan silam.

"Kalau seseorang sudah memelihara perkutut, maka apapun aktifitas si pemilik, akan langsung ditinggalkan hanya untuk merawat burung perkutut," ucapnya.

Bupati Wajo Amran Mahmud berharap agar lomba suara burung perkutut kembali digelar, di Kabupaten Wajo

"Semoga kita terus melanjutkan tradisi nenek moyang kita, salah satunya dengan merawat burung perkutut. Mari kita jaga satwa dan fauna yang ada di negeri kita, agar mereka juga memiliki habitat yang nyaman, dan tentu saja terjaga kelestariannya," tegasnya. (AKBAR/SUKRI)

Editor : ENAL RASUL

TerPopuler