Mahasiswa UIN Malang Asal Sulsel Raih Juara 2 Ajang MTQ-IP II 2024 -->

Mahasiswa UIN Malang Asal Sulsel Raih Juara 2 Ajang MTQ-IP II 2024

Selasa, 04 Juni 2024, Juni 04, 2024





RADAR SULSEL .CO.ID, MALANG - Prestasi membangkan kembali di torehkan oleh Ari Tasyabani Muis mahasiswa hukum ekonomi syariah ( HES ) angkatan 2022 Universitas lslam Negri ( UIN ) Malang asal Sulse pada ajang musabaqoh tilawatil Qur'an Mahasiswa Internasional ( MTQ -IP ) ll 2024 yang di selenggarakan oleh UKM Al-Qur’an studi club Universitas  Negri Malang ( UNM ) pada hari ahad, 26 Mei 2024 lalu. 

Anggota HMPS Hukum Ekonomi Syariah ini, berhasil meraih juara 2 pada cabang musabaqoh fahmil Qur’an ( MFQ ) atau lomba memahami Al-Qur’an. 

Bagi Ari, mengikuti lomba serupa bukanlah hal yg asing lagi. 

“Saya sudah terbiasa mengikuti lomba sepeti ini sejak dulu. Kali ini, saya di ajak oleh teman teman dari UIN malang untuk melengkapi Tim mereka dalam lomba MFQ di ajang MTQ-IP ll 2024 ini,” ungkapannya saat di hubungi oleh Wartawan Radar Sulsel, Selasa (4/6/2024).

Dia mengatakan motivasi utamanya untuk mengikuti lomba ini adalah ketertarikannya pada kompetisi yang di nilai secara objektif dan adil. 

“Saya tertarik untuk ikut lomba ini karena hasilnya di nilai secara fair,” jelasnya.

Meskipun persiapannya sangat mendadak, Ari mengaku dirinya belajar dengan giat semalam sebelum lomba berlangsung. 

Berkat usahanya tersebut, ia berhasil meraih juara 2 pada kompetisi bergengsi tersebut. 

Materi yg di ujikan dalam lomba MFQ  ini cukup beragam, meliputi fikih, hadits, bahasa Arab, bahasa Inggris, waris, Al Qur’an, dan ilmu tajwid. 

Menurutnya, materi yang paling menantang adalah sambung ayat karena kurangnya hafalan Al Qur’an yang di milikinya.

Ketika namanya di umumkan sebagai juara 2, Ari mengaku sangat senang dan bangga atas pencapaian ini, terlebih ini sudah menjadi kali kedua dirinya memenangkan lomba sejenis di Malang. 

Dalam menjaga konsistensi dan fokus belajar Al Qur’an di tengah aktivitas sehari-hari sebagai mahasiswa, Ari mengakui jika ilmu ini sudah di pelajarinya selama 7 tahun semenjak dirinya mondok di Pesantren As^adiyah Sengkang Kabupaten Wajo Sulsel.

"Sekarang, saya hanya terus murajaah ( mengulang ) dan menambah pengetahuan yg belum saya kuasai.” katanya.

Pada kesempatan ini Ari menyampaikan pesan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa yanh senangtiasa terus bersemangat dalam mencari kebenaran dam mempelajari Al Qur’an. 

“Teruslah belajar, dimana pun dan kapanpun, karena ilmu ini akan berguna di kehidupan dunia dan akhirat. Terus semangat mencari jalan kebenaran,” pesannya. 

Setelah memenangkan lomba MFQ ini, Ari memiliki target untuk mengikuti lomba yg lebih bergengsi lagi bersama Tim nya. Dia juga berharap agar generasi penerus dapat lebih baik dan membangkan Universitas Negri Malang. 

Selama persiapan dan pelaksanaan, tantangan terbesar yg di hadapi Ari adalah kurangnya waktu untuk murajaah (mengulang) materi pembelajaran krn padanya kegiatan yg dia jalani. Namun demikian, dukungan Dari Orang tu dan teman2 sangat besar dalam perjalanannya menuju pencapaian ini. 

Ari juga menyampaikan harapannya kepada penyelenggara lomba MFQ di Universitas Negri Malang agar kegiatan tersebut dapat terus berlanjut dan semakin baik dimasa mendatang, sehingga dapat melahirkan generasi penerus yg lebih hebat dan membanggakan.(**)

TerPopuler