Tangki Siluman Beraksi, Modus Sedot BBM Subsidi SPBU di Wajo -->

Tangki Siluman Beraksi, Modus Sedot BBM Subsidi SPBU di Wajo

Kamis, 25 Juli 2019, Juli 25, 2019


RADAR SULSEL.ID, WAJO - Keberadaan aktivitas pengisian bahan bakar di hampir seluruh SPBU di Kabupaten Wajo seringkali terjadi antrian panjang kendaraan. Kondisi ini membuat para pengisi BBM kendaraan yang umum mengeluh. Bahkan untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium yang nota bene masih di subdisi di SPBU tersebut perlu antrian panjang.
 
Diduga padatnya antrian kendaraan baik mobil dan motor, terindikasi masih ada yang menggunakan tangki siluman. Kendaraan itu malah dengan sengaja mengisi berulang-ulang untuk selanjutnya BBM tersebut dilansir dan dijual kembali ke pihak pengecer atau Pertamini.

Disini pengisian premium dilakukan oleh pelansir yang mengunakan tangki rombakan. Sebab tidak sedikit pembeli BBM kendaraan bertangki normal harus gigit jari. Pasalnya, ketika lama mengantri BBM subsidi tersebut malah habis.

Tangki rombakan tersebut terdapat pada kendaraan roda empat dan roda dua. Sekali lansir, tangki rombakan bisa mengisi dua hingga tiga jeriken berkapasitas 30 liter. Modus pengisian BBM menggunakan tangki modifikasi ini sudah berlangsung cukup lama di hampir seluruh SPBU di Kabupaten Wajo.

“Mobil jenis Toyta Avansa tangki standar full nya paling Rp 250-300 ribu. Namun ini full minyaknya hingga Rp500- 600 ribu. Apakah pantas isi tangki normal sebanyak itu. Bukan hanya mobil, tapi tangki motor juga di modifikasi seperti motor Tander. Sekali langsir bisa mencapai 30 liter,” ujar Baso salah satu pengisi bahan bakar minyak di SPBU 74.909.72 Keera, Jumat (26/7/2019).
 
Dia menyebutkan aktivitas di SPBU ini temasuk bebas. "Kita harap pihak Kepolisian dapat menangkap pelangsir yang mengunakan tangki modifikasi mobil maupun motor, sebab kondisi tersebut membuat antrian cukup panjang," ungkapnya. 
 
Dari pantauan di salah satu SPBU yakni SPBU 74.909.72 Keera , terlihat adanya motor  Tander dengan seenaknya melakukan pengisian BBM yang mengunakan tangki modifikasi. Mirisnya lagi setelah bahan bakar habis, motor-motor tander tetap mengantri di area SPBU. (SUKRI)

Editor: ENAL RASUL
 
 

TerPopuler