Di Hadapan Keturunan Raja Bone, Amin Syam Puji AIA: Mudah-mudahan Bisa Memimpin Sulsel -->

Di Hadapan Keturunan Raja Bone, Amin Syam Puji AIA: Mudah-mudahan Bisa Memimpin Sulsel

Minggu, 21 November 2021, November 21, 2021


RADAR SULSEL.CO.ID, BONE - Gubernur Sulawesi Selatan periode 2003-2008 Amin Syam memuji Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras di hadapan keturunan raja Bone.

Pujian itu disampaikan saat memberikan sambutan di acara Wijanna (keturunan) Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe ri Nagauleng, di Bone, Sabtu, 20 November 2021.

"Anggota DPR RI kita ini luar biasa. Kita biasa baca di Medsos, surat kabar bagus sekali. Mudah-mudahan bisa memimpin Sulsel," kata Amin Syam di hadapan Andi Iwan Aras dan ribuan tamu undangan. 

"Kalau kita merjuk pada kepemimpinan Lapatau, saya kira ananda semua ini punya peluang dan kesempatan memimpin provinsi ini, InyaAllah, Andi Iwan," tambahnya. 


Kemudian, Ketua Dewan Masjid (DMI) Sulsel ini mengungkapkan rasa syukurnya sudah mewariskan kepemimpinan Puatta Lapatau (Raja Bone). 

Sebagai orang yang pernah menjabat Gubernur Sulsel, Amin Syam berharap ke depannya ada yang mewarisi kepemimpinanya itu dari wija-wijanna Lapatau. 

"Saya sudah warisi itu. Dan, mudah-mudahan diwarisi lagi dengan wija-wijanna Lapatau akan mendatang. Silahkan dilanjutkan perjuangan itu," pungkasnya. 

Sekedar diketahui, Acara Wijanna Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe ri Nagauleng dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Bone, Andi Islamuddin. 

Acara yang bertajuk Pertemuan Akbar se Dunia Wijanna Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe ri Nagauleng berlangsung Minggu, 20 November 2021 di Planet Cinema, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Macanang, Bone. 

Hadir ratusan keturunan raja, dan ribuan peserta. Sejumlah anggota dewan dan pejabat juga hadir, seperti Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta). 

Acara ini dimeriahkan juga dengan Pameran Benda Pusaka, persembahan kesenian seperti maggiri, Tudang Sipulung hingga Ziarah Kuburan La Patau Mattanna Tikka Matinroe ri Nagauleng di Kecamatan Cenrana. 

Diketahui dalam Lontara Akkarungeng, disebutkan bahwa Raja Arung Palakka telah mewariskan tahta Bone kepada kemanakannya Lapatau Matanna Tikka yang merupakan putra dari pasangan suami istri La Pakokoe  Arung Timurung dengan We Tenri Wale Mappalo Bombang Madderrenge ri Palakka, dan kemudian Lapatau Matanna Tikka menjadi Raja Bone ke XVI, dan memiliki banyak keturunan.  

Gelaran nama panjang Lapatau adalah La Patau Matanna Tikka, Sultan Alimuddin Idris, Walinonoe To Tenribali Malae Sanrang, Matinroe ri Nagauleng.

TerPopuler