Komitmen Membantu Para Petani, AYP Kembali Salurkan Pompa BBG Senilai 14,6 M Di Wajo -->

Komitmen Membantu Para Petani, AYP Kembali Salurkan Pompa BBG Senilai 14,6 M Di Wajo

Rabu, 16 November 2022, November 16, 2022



RADAR SULSEL.CO.ID, WAJO - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Dr. Ir. Hj Andi Yuliani Paris M.SC, tahun 2022 ini kembali menyerahkan bantuan jenis Mesin Pompa Air Konversi BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG) kepada 1.667 keluarga petani di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Kamis (17/11/2022).

Dimana bantuan tersebut adalah merupakan lanjutan dari bantuan Pompa Tani Berbahan Bakar Gas sebelumnya yang telah diserahkan sebanyak 1.461 unit kepada petani pada tahun 2020 lalu. jika dikonversikan ke dalam rupiah mencapai sebesar Rp.8,5 juta per-pompa. Sehingga bantuan yang telah disalurkan Andi Yuliani Paris mulai tahun 2020 mencapai Rp.12,41Milyar. Sementara tahun 2022 bantuan Pompa Tani BBG yang baru diserahkan sebanyak 1.667 unit di Kabupaten Wajo mencapai Rp.14,16Milyar.

Dalam hal ini, kata AYP sapaan akrabnya, bahwa biaya operasional Pompa Tani BGG jauh lebih murah dibandingkan Pompa Tani yang menggunakan jenis Bahan Bakar Minyak.

“Penghematan biaya operasional dengan menggunakan Pompa Tani Berbahan Bakar Gas berkisar 30-50% jika dibandingkan saat menggunakan BBM seperti minyak solar, tentu ini sangat murah dan menguntungkan bagi masyarakat tani kita.”, Kata AYP kepada awak media.

“Saya sebagai Anggota DPR RI Komisi VII yang mengurusi Energi dan bermitra dengan Kementerian ESDMRI memperjuangkan aspirasi masyarakat petani tersebut. Banyak masyarakat petani yang mengeluh kepada saya karena biaya pompa BBM yang mahal sehingga saya perjuangkan Pompa BBG untuk mereka.”, ungkapnya.

Lebih lanjut Anggota Komisi VII DPR RI yang membidangi Energi ini menuturkan, program ini telah dilengkapi dengan beberapa komponen yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, tabung LPG 3 kg, serta aksesoris pendukung lainnya seperti reducer, regulator, mixer. Rakitan yang sederhana dan mudah ditemui di pasaran sehingga dapat memudahkan masyarakat petani.

“Saya sejak masih muda memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan hidup, sehingga salah satunya melalui penggunaan energi yang bersih. Bahan Bakar Gas yang memiliki emisi rendah dan oktan lebih tinggi dibandingkan BBM membuat penggunaannya tidak merusak lingkungan hidup merupakan solusi terbaik.”, tutur Andi Yuliani Paris.

Politisi perempuan asal Sulawesi Selatan ini berharap, dengan adanya program bantuan Pompa Tani BBG ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Saya sangat berharap, bantuan Pompa Taniyanglebihhematini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat petani. Biaya yang dihemat dengan menggunakan pompa ini dapat dialihkan untuk Pendidikan anak-anak dari nelayan yang selama ini dianggap masih kurang dalam hal pendidikan.”, ungkap AYP.

Dirinya berkomitmen akan terus membantu masyarakat petani yang ada di Wajo, Sulawesi Selatan. “Kami dari Fraksi Partai Amanat Nasional memiliki komitmen yang besar untuk masyarakat petani. Kita ingin meningkatkan taraf hidup para petani yang menjadi pahlawan pangan kita. Kita ingin masyarakat tani menjadi  lebih sejahtera dan anak-anaknya bisa sekolah sekolah bisa meningkatkan ekonomi masyarakat tani.”, tutupnya. (SUKRI).

Editor : ENAL RASUL.

TerPopuler